Stop Lihat Timbangan Terus! Ini Tanda-tanda Tubuh Sehat




Punya hobi kok lihat timbangan tiap hari sih Ukhti? Berat badan ideal bukan satu-satunya pertanda badan kita sehat lho... Masih banyak yang bisa dijadikan patokan kesehatan tubuh kita, ini dia tanda-tandanya:

Rutin BAB
Rutin BAB penting sekali untuk sistem pencernaan karena berpengaruh pada keseluruhan tubuh kita. Dengan rutin BAB, racun-racun dalam tubuh bisa dikeluarkan dan Ukhti akan terhindar dari penyebaran inflamasi ke seluruh tubuh.

Haid teratur.
Haid yang teratur tiap bulan dalam rentang waktu antara 21-35 hari dan berlangsung selama 2 – 7 hari menandakan sistem reproduksi Ukhti berfungsi dengan baik.

Urine berwarna kuning bening.
Kalau tubuh terhidrasi dengan baik dan ginjal berfungsi normal, maka urine akan berwarna kuning muda atau bening. Tapi kalau warnanya keruh atau pekat, jangan panik dulu yaa... Kemungkinan itu hanya efek dari makanan atau obat tertentu. Ukhti perlu konsultasi ke dokter jika muncul gejala lanjutan seperti misalnya sakit perut, urine berbusa, pinggang atau kemaluan nyeri, kelelahan, rasa mual dan muntah, dan demam.

Bebas jerawat atau penyakit kulit lainnya.
Kulit kita merupakan organ yang terbesar, jadi wajah yang berjerawat atau terkena penyakit kulit itu tanda tubuh Ukhti sedang mengalami suatu masalah kesehatan.



Jarang sakit.
Sesekali kena sakit flu masih tergolong normal, tapi kalau terus-terusan terkena penyakit silih berganti berarti sistem kekebalan tubuh Ukhti sedang bermasalah.

Memiliki kebiasaan makan sehat.
Biasa menghindari makanan olahan serta makan buah dan sayur tiap hari juga jadi tanda sehatnya tubuh kita

Waktu istirahat yang cukup.
Kurang tidur atau punya pola tidur yang tidak teratur merupakan pertanda masalah kesehatan seperti sleep apnea, insomnia, dll.

Punya sahabat baik.
Menurut penelitian di Michigan State University (2016), dukungan dari sahabat baik bisa mengurangi masalah kekebalan tubuh atau masalah kardiovaskular serta menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Rutin olahraga. 
Rutin olahraga ini bukan berarti tiap hari harus olahraga lho yaa... Minimal 30 menit seminggu 3 kali sudah lebih dari cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ-organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.*

PS: Sharing is caring... Bila dirasa bermanfaat, share artikel ini di akun medsos Ukhti yaa... ^^  




You Might Also Like

0 comments