6 Fakta Unik Ka'bah yang Jarang Orang Tahu

 


Ka'bah ternyata menyimpan banyak misteri yang tak diketahui masyarakat dunia dan bahkan umat muslim itu sendiri. Lalu apa saja fakta unik Ka'bah yang jarang orang tahu? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

1. Bentuk yang Berubah
Awalnya berbentuk huruf latin D kapital, sesuai dengan pondasi yang diletakkan oleh Nabi Ibrahim AS. Berabad-abad berikutnya, desain kemudian berubah menjadi bentuk kubus waktu dibangun ulang oleh suku Quraisy, sebelum datang risalah Islam yang dibawakan Rasulullah SAW. Perubahan bentuk pada masa itu disebabkan orang-orang Quraisy kekurangan dana dan tidak mampu membangun kembali keseluruhan struktur bangunannya.

2. Dahulu Kiswah Ka'bah Tidak Berwarna Hitam
Dahulu kain Ka’bah atau biasa disebut kiswah tidak berwarna hitam, bahkan sebelumnya pernah berwarna hijau, merah, dan putih. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kemudian mempertahankan warna hitam karena tahan lama dan tidak mudah kotor jika disentuh oleh jamaah.

3. Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk
Meski bagian tengah masjid sengaja dibuat terbuka tanpa atap, tapi lantai masjid tetap terasa dingin dan sejuk karena menggunakan marmer terbaik dari Thassos, Yunani. Marmer jenis ini didesain agar dapat menyerap kelembapan di malam hari dan mempertahankan kesejukannya di siang hari meski terkena sengatan panas matahari.

4.Direkonstruksi Berulang Kali
Ka’bah telah rusak beberapa kali akibat bencana alam seperti banjir dan pernah diserang sehingga beberapa bagiannya rusak. Kebanyakan sejarawan mengklaim bahwa Ka’bah telah direkonstruksi sekitar 12 kali. Renovasi paling terbaru dilakukan pada tahun 1996 yang menggunakan teknologi terbaru untuk memperkuat bangunan ketika menghadapi bencana.

5. Upacara Pembersihan Dilakukan Dua Kali Setahun
Upacara pembersihan Ka’bah kerap dilakukan dua kali dalam setahun, yakni pada Bulan Sya’ban dan Dzulqa'dah. Untuk membersihkan Ka’bah, mereka akan menyiapkan campuran pembersih khusus yang terdiri dari air zam-zam, air mancur Taif, dan minyak gaharu.

6. Ka’bah Pernah Memiliki Lebih dari Satu Pintu
Mulanya, Ka’bah memiliki dua pintu yang berfungsi sebagai pintu masuk dan pintu keluar. Selain itu, Ka’bah dulu juga mempunyai jendela pada salah satu dindingnya. Sekarang, Ka’bah hanya memiliki satu pintu dan tanpa jendela, terdapat pula pintu lain di dalam bangunan itu sebagai akses menuju atap.***

You Might Also Like

0 comments