Langsung Puasa Syawal Atau Qadha Puasa Ramadhan Dahulu?




Puasa di bulan Syawal adalah salah satu puasa yang disunnahkan dan sebaiknya dilakukan umat Islam selepas ibadah wajib di bulan Ramadhan. Bagi yang punya utang puasa, langsung Puasa Syawal atau harus Qadha Puasa Ramadhan dahulu?

Puasa sunnah di bulan Syawal memang memiliki keutamaan dan pahala yang besar selain dapat menutup kekurangan puasa wajib.


Apa keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal?

Puasa Ramadhan yang dijalani selama sebulan lamanya menjadi berlipat-lipat lagi nilainya jika dilengkapi dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal seperti dijelaskan dalam hadits berikut


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ.  ".صحيح مسلم

 Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang puasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan shaum enam hari pada bulan Syawwal, maka ia seperti shaum setahun." HR Muslim.

Sementara bagi yang mempunyai utang puasa, sebaiknya Qadha puasa dahulu sebelum menjalankan puasa Syawal.

Dikutip dari situs Darul Iftaa yang ditulis (Mufti) Muhammad ibn Adam seperti dilansir dari detik.com, hadits dari Abu Ayyub Al-Ansari menempatkan Puasa Ramadhan di urutan pertama yang disusul Puasa Syawal bukan sebaliknya.

Artinya, para muslim disarankan untuk membayar utang Puasa Ramadhan terlebih dulu. Jika sudah lunas, mereka bisa melanjutkannya dengan Puasa Syawal.*

You Might Also Like

0 comments