Keutamaan Nisfu Sya'ban



Kontributor: Rania Hurun'in QHJ - Secara harfiah Nisfu Sya'ban berarti pertengahan bulan syaban yang tahun ini jatuh pada tanggal 8 April 2020. Nisfu Sya'ban merupakan malam yang dinanti menjelang datangnya bulan Ramadhan karena penuh pengampunan dan hidayah. Berikut keutamaan Nisfu Sya'ban:

1. Malam di mana Allah turun ke langit dunia

Dalam hadis Ali, Rasulullah bersabda: "Malam nisfu Sya'ban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rezeki akan Aku beri dia rezeki, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing." (H.R. Ibnu Majah dengan sanad lemah)


***Baca Juga***



2. Bulan diangkatnya amalan-amalan

Dalam hadis riwayat Abu Dawud dan Nasai, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

"Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amala. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa."

Hadis di atas menunjukkan Syaban merupakan bulan diangkatnya amal manusia. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan seorang Muslim mengisi Syaban dengan amalan-amalan mulia.


***Baca Juga***



3. Diturunkannya ampunan dan pertolongan

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani dan Ibnu Hibban dari Mu‘adz bin Jabal menyebutkan:

“Allah memandang semua makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban kemudian mengampuni dosa mereka kecuali dosa musyrik dan dosa kemunafikan yang menyebabkan perpecahan.”


4. Bulan untuk mempersiapkan Ramadan

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan pengakuan Aisyah, bahwa Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa (sunnah) lebih banyak daripada ketika bulan Syaban.*


***Baca Juga***

You Might Also Like

0 comments