Turunkan Berat Badan dengan Olahraga di Rumah




Tak usah repot-repot ke gym, Ukhti bisa menurunkan berat badan hanya dengan olahraga di rumah saja. Dan, olahraga ini cuma perlu waktu 20 menit saja. Mau tahu caranya ?

Menurut Taylor Gainor, C.S.C.S., co-founder LIT Method, olahraga interval intensitas tinggi akan membakar lebih banyak kalori per menitnya dibanding olahraga lain yang perlu waktu 60 menit.

Hebatnya lagi, tubuh akan tetap membakar kalori selama 48 jam setelah selesai berolahraga karena ini  termasuk latihan kardio tingkat tinggi.

Karena termasuk tingkat tinggi dan berat, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memulai olahraga ini yaa..

Biarpun olahraga ini sangat efektif membakar kalori, jangan lupa untuk tetap memperhatikan pola makan sehat dengan menghindari makanan berlemak dan perbanyak buah/sayuran.


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan olahraga interval intensitas tinggi itu?

Gainor mengatakan, olahraga ini terdiri dari gerakan burpee, squat, lunge, dan pushup bergantian masing-masing selama 20 detik. Lalu, istirahat selama 10 detik.

Kemudian ulangi urutan yang sama dalam 4 menit ke depan.

Selingi dengan istirahat selama 1 menit dan lakukan latihan lagi mulai dari awal sampai mencapai 20 menit. Selesaiii...

***Baca Juga***


Apa itu burpee, squat, lunge, dan pushup?

Burpee: dimulai dari posisi push up lalu melompat dan kembali ke posisi push up.

Squat: berdiri tegap dengan mengangkat tangan ke atas kemudian menurunkan badan ke posisi jongkok

Lunge: kaki kanan di depan dan kaki kiri dijatuhkan lebih rendah, dan kaki kanan menekuk kedua lutut ke 90 derajat. Lakukan secara berulang dan berkebalikan

Push up: posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan, lalu badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap

Jangan dipaksakan kalau tubuh terasa kepayahan dan belum mampu melakukan olahraga ini. Apalagi jika Ukhti memang tak pernah berolahraga sebelumnya.

Lakukan saja olahraga ringan seperti jalan cepat atau lari secara rutin 20 menit tiap hari untuk membiasakan tubuh kita dengan olahraga.

Jika dirasa sudah siap, lakukan olahraga interval intensitas tinggi secara bertahap agar tubuh bisa beradaptasi dengan baik.*



***Baca Juga***

You Might Also Like

0 comments