7 Tanaman Hias Pembersih Udara dan Cara Perawatannya


Tak hanya sekedar mempercantik ruangan, beberapa jenis tanaman hias ternyata mampu membersihkan udara dalam rumah. Bahkan, tanaman hias terbukti bisa mengurangi stres dan membuat kita jadi lebih kreatif. Berikut 7 jenis tanaman hias pembersih udara dalam rumah dan cara perawatannya:

1. Lady palm atau palem regu atau palem waregu

Selain dapat membersihkan udara, tanaman Palem regu memiliki daun berbentuk kipas yang cantik dan sangat cocok dijadikan dekorasi ruangan. Perawatan tanaman  ini juga cukup mudah karena hanya perlu disiram ketika bagian permukaan tanah mengering dan menyukai cahaya terang yang tidak langsung.



2.   Rubber plant atau tanaman karet (Ficus elastica)

Rubber plant dengan daun mengkilap besar dan bentuk gemuk yang estetik ini menyukai cahaya sedang hingga terang dan kelembaban konstan. Jangan lupa pakai sarung tangan saat menangani tanaman ini agar getah lengketnya tidak menempel di jari. 



3. Areca palm atau palem kuning 

Palem kuning bisa mencapai tinggi antara 180 cm hingga 2 meter, jadi pastikan ada cukup ruang untuk tanaman ini. Tanaman ini membutuhkan cahaya dalam ruangan yang terang dan kelembaban cahaya yang konstan tapi jangan sampai terlalu basah.



4. Boston fern atau pakis gunung 

Tanaman pakis sudah lama dikenal luas sebagai tanaman hias klasik yang murah. Tanaman ini menyukai banyak cahaya dan perlu disemprot air tiap hari. Sebagai alternatif, Ukhti bisa coba meletakkan pot tanaman di atas nampan kerikil berisi air. 


5. Aglonema 

Tanaman yang kembali booming di tengah pandemi ini memiliki daun hijau pucat yang mengkilap dengan aksen semburat putih. Aglonema bisa diletakkan dalam ruangan dengan cahaya yang rendah, dan pastikan tanahnya agak lembab setiap saat.



6. Lidah mertua 

Lidah mertua yang memiliki daun panjang seperti pedang ini sudah umum dipakai banyak orang sebagai dekorasi rumah. Tanaman ini menyukai cahaya tidak langsung yang terang dan hanya perlu disiram saat tanah hampir kering.



7. Philodendron 

Philodendron memiliki daun besar dengan tepi halus dan sangat mudah dirawat. Pastikan tanaman hias ini terkena cahaya sedang dan hanya sirami ketika beberapa inci bagian atas tanah sudah kering.



You Might Also Like

0 comments