Hidrokuinon Dalam Kosmetik Pemutih Wajah, Berbahayakah?

 


Seorang dokter kecantikan diberitakan berseteru dengan selebgram yang dikatakan mempromosikan kosmetik abal-abal dengan kandungan zat Hidrokuinon atau Hydroquinone. 

Menurut dokter itu,  kosmetik yang mengandung hidrokuinon seharusnya tidak bisa dijual bebas tanpa resep dokter. Berbahayakah?

Hidrokuinon merupakan zat atau senyawa yang bisa mencerahkan dan memutihkan kulit. Zat ini biasanya digunakan oleh dokter kecantikan untuk mengatasi flek atau melasma. 



Selama ini, Hidrokuinon memang tidak tidak dilarang untuk digunakan atau diperjualbelikan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh oknum penjual krim abal-abal untuk meraup untung. Karena, zat ini sangat efektif untuk mencerahkan dan memutihkan kulit dengan cepat. 

Namun, penggunaan Hidrokuinon dengan dosis yang tidak tepat dan dalam jangka waktu lama bisa merusak kulit, seperti seperti kulit melepuh dan pecah-pecah, atau warna kulit berubah menjadi biru kehitaman (ochronosis).

Selain itu, bagi yang memiliki kulit yang sensitif, biasanya Hidrokuinon juga akan menimbulkan efek samping berupa kulit bewarna kemerahan, terasa seperti terbakar atau tersengat.*

You Might Also Like

0 comments