Andalkan Promosi Gratisan, Ibu Rumah Tangga Sukses Raup Omzet Ratusan Juta

 


Tak punya banyak modal bukanlah penghalang bagi Yuliawati (44) untuk memulai bisnisnya. Ibu rumah tangga asal Kota Cimahi ini sukses meraup omzet ratusan juta rupiah dari bisnis yang berawal dari hobinya membuat kue. Apa sih rahasianya?

Yuliawati memulai bisnis berjualan kue sejak 2003, di Jalan Usman Dhomiri, Kota Cimahi. Dia memilih nama Dapur Bunda Yoel's sebagai merek dagangannya. 

Untuk mempromosikan dagangannya, ia mengandalkan strategi yang tak perlu modal sama sekali alias gratisan. "Awalnya dari hobi bikin kue, akhirnya coba-coba ditawarkan ke orang-orang terdekat dulu. Dulu itu saya bikin 100 stoples, dan alhamdulillah laku semua," ungkap Yuliawati.

Di bulan puasa, penjualan kuenya meningkat hingga mencapai 3 ribu toples dengan omzet Rp. 300 juta. "Padahal waktu itu pemasarannya door to door, dari kantor ke kantor karena media sosial kan belum seperti sekarang," ceritanya.

Saat pandemi COVID-19 melanda, bisnisnya sempat mengalami penurunan omzet hingga 30% dengan omzet Rp. 200 juta. Tapi Yuliawati tetap ulet memaksimalkan bisnisnya dan menargetkan mampu meraih kembali kejayaannya pada tahun sebelum pandemi.*Sumber: detikcom

You Might Also Like

0 comments