Arti Syafakallah dan Syafakillah Serta Cara Menjawabnya

 


Rasulullah menganjurkan kita menjenguk orang sakit. Sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW: Dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu:

 -Jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam,

-Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya,

-Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat,

-Jika ia bersin dan mengucapkan: Alhamdulillah maka doakanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu),

-Jika ia sakit maka jenguklah dan

-jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya'. (HR. Muslim, no. 2162).

Syafakallah dan syafakillah adalah ucapan yang umum digunakan di kalangan muslim untuk kerabat atau sahabat yang sedang sakit. Lantas, apa arti syafakillah dan syafakallah?



Syafakallah atau syafakillah diambil dari hadits shahih yg diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.
"Allahumma rabban naas mudzhibal ba'si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqoman"

Artinya: "Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi." (HR. Bukhari dan Muslim).

Syafakallah dan syafakillah adalah bagian dari doa kesembuhan tersebut. Tulisan lengkap dari doa tersebut adalah sebagai berikut:

Untuk laki-laki: "Syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman"
Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

Untuk perempuan: "Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman"
Artinya: Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

Syafakallah dan Syafakillah diucapkan untuk orang kedua, yang berarti untuk orang yang sedang menjadi lawan bicara. Sementara untuk  untuk orang ketiga yang bisa jadi tidak sedang berada di tempat secara langsung denganmu, diucapkan Syafahullah dan Syafahallah.

Arti Syafahullah juga semoga Allah menyembuhkannya (laki-laki). Sementara Syafahallah artinya semoga Allah menyembuhkannya (perempuan).


Lalu bagaimana cara menjawabnya? 

Terdapat dua cara menjawab ucapan syafakillah dan syafakallah yang bisa disampaikan ketika kita mendapat ucapan atau doa kesembuhan sakit dari orang lain. 

Jawaban pertama, Aamiin yaa rabbal'aalamiin yang artinya Kabulkanlah ya Allah kabulkanlah. Jawaban kedua, Jazakallahu khairan yang artinya semoga Allah membalas kebaikanmu).***

You Might Also Like

0 comments