Waspadai Gejala Serangan Jantung Yang Sering Diabaikan Ini


Artis Connie Nurlita dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung pada selasa (30/05/2023) lalu. Menurut manajemennya, pedangdut senior berusia 50 tahun ini tidak sedang mengalami sakit apapun. Lantas, kenapa tiba-tiba bisa kena serangan jantung?

Gejala serangan jantung memang seringkali terabaikan karena mirip dengan gejala penyakit lain. Menurut spesialis jantung dan pembuluh darah dr Dian Larasati SpJP dalam wawancaranya dengan detik.com, gejala serangan jantung seperti mual sering disalahartikan sebagai gejala maag atau asam lambung.

"Mual atau nyeri ulu hati kadang-kadang bisa kalau lokasi jantungnya yang ada di bagian bawah. Jadi orang sering bilang sakit maag. Kirain sakit maag, sakit maag, ternyata itu adalah awal dari serangan jantung," kata dr Sally.

Serangan jantung juga ternyata lebih mematikan jika dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Menurut penelitian dari ilmuwan Inggris dan Swedia, risiko kematian perempuan yang mengalami serangan jantung atau STEMI dua kali lipat lebih tinggi.

STEMI adalah jenis serangan jantung yang paling serius ketika pembuluh darah tersumbat sepenuhnya oleh gumpalan darah dan membutuhkan pengobatan mendesak.

Dilansir dari situs WebMD, berikut beberapa gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai:
1. Nyeri dada yang hilang timbul
2. Rasa sakit atau tak nyaman di kedua lengan, punggung, leher, atau rahang.
3. Napas pendek dengan atau tanpa sakit dada
4. Berkeringat dingin, mual, atau pusing
5. Sakit perut yang gejalanya mirip dengan sakit lambung
6. Kelelahan meski hanya duduk dan tidak beraktivitas

Tak semua orang mengalami gejala serangan jantung tersebut secara sekaligus. Jika merasa tak nyaman di dada terutama dengan adanya satu atau dua gejala lainnya, segera kunjungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut.***

You Might Also Like

0 comments