Cara Jitu Bekali Keterampilan Hidup Pada Anak






Orangtua mana yang tak ingin anaknya bahagia? Tapi sayangnya, keinginan orangtua ini seringkali disalahartikan dengan cara mereka memanjakan anak secara berlebihan. Akibatnya? Anak tak memiliki keterampilan hidup dan tumbuh menjadi pribadi yang manja, mau menang sendiri dan pemurung.

Disinilah pentingnya membekali anak dengan keterampilan hidup sejak dini. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk berempati sehingga tumbuh menjadi pribadi yang peka terhadap lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Dengan berempati, anak pun terlatih untuk berhati-hati dalam setiap perbuatannya supaya tak menyakiti perasaan orang lain.

***Baca juga***

Para ilmuwan juga telah membuktikan bahwa otak sosial manusia akan menyala terang saat menolong orang lain atau dengan kata lain berempati. Artinya, empati terbukti secara ilmiah membuat perasaan menjadi lebih baik dan bahagia.

Bagaimana caranya kita dapat menumbuhkan empati pada anak?

Menurut Praktisi Pendidikan Achmad Ferizal di acara kajian parenting Masjid Al Iman Cipinang Elok Jakarta (27/10/2019), sikap penuh empati adalah hasil dari tiga kecakapan yang dapat harus diasah dengan melakukan aneka berkegiatan bersama anak.

Tiga kecakapan itu antara lain:

1.Kecakapan menyimak. Buatlah aneka kegiatan yang dapat melatih anak-anak berpikir dan menghasilkan gagasan melalui pendengarannya.

2. Kecakapan bertanya. Salurkan dan maksimalkan keingintahuan anak dengan membuatnya asyik, senang dan PeDe dalam bertanya.

3.Kecakapan mengamati. Temani anak untuk menjadi pengamat yang ulung untuk sekitarnya.
Jadi, jangan tuntut anak untuk bisa berempati sebelum ananda kita bersamai dengan aneka kegiatan yang mengasah ketiga kemampuan diatas. Ingat, pengetahuan itu ditambahkan, kecakapan diasah melalui kegiatan (aktivitas) dan sikap itu tumbuh dari kecakapan yang diasah.*

***Baca juga***


You Might Also Like

0 comments