5 Saus Salad Rendah Kalori yang Enak dan Sehat


Salad merupakan salah satu alternatif makanan yang banyak dikonsumsi untuk diet dan gaya hidup sehat. Tapi, Ukhti perlu hati-hati memilih saus salad terutama jika ingin mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan. 

Berikut 5 saus salad rendah kalori terpopuler yang dapat membuat hidangan salad tetap enak tanpa menambah berat badan:


1. Saus Yogurt

Saus yogurt merupakan pilihan yang populer untuk mereka yang ingin mengurangi kalori dalam saus salad mereka. 

Dibandingkan dengan saus mayones atau saus krim, saus yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih rendah namun memberikan rasa yang segar dan creamy pada hidangan salad. 

Gunakan yogurt rendah lemak atau greek yoghurt sebagai dasar saus, dan tambahkan bumbu seperti bawang putih, lemon, dan dill untuk menambah rasa.


2. Saus Balsamic

Saus balsamic yang kaya rasa ini terbuat dari campuran minyak zaitun dan cuka balsamic. 

Saus ini memiliki rasa asam dan manis yang unik yang dapat memperkaya rasa salad tanpa menambah banyak kalori. 

Untuk membuat saus balsamic yang lebih rendah kalori, kurangi jumlah minyak zaitun yang digunakan dan tambahkan lebih banyak cuka balsamic atau perasan lemon.




3. Saus Vinaigrette

Saus vinaigrette rendah kalori tapi tetap memberikan rasa yang segar  dan sedikit pedas yang menyegarkan. Saus ini terbuat dari campuran minyak zaitun, cuka, mustard, bawang putih, dan rempah-rempah.

Untuk membuat saus vinaigrette yang lebih rendah kalori, gunakan sedikit minyak zaitun yang dicampur dengan gula atau madu.


4. Saus Lemon 

Terasa menyegarkan dan rendah kalori, saus ini terbuat dari campuran air perasan lemon segar, minyak zaitun, bawang putih, dan rempah-rempah.

Untuk membuat saus lemon yang lebih rendah kalori, hindari penambahan gula dan kurangi jumlah minyak zaitun yang digunakan.


5. Saus Cuka Apel

Saus cuka apel memiliki rasa asam dan manis yang unik, terbuat dari cuka apel, minyak zaitun, madu atau stevia, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih dan rempah-rempah.

Cara membuatnya dengan mencampur cuka apel, minyak zaitun, air perasan lemon, dan madu. Agar semakin nikmat, tambahkan juga sejumput garam dan lada.


Dengan menggunakan salah satu dari saus salad rendah kalori yang terpopuler ini, Ukhti bisa menikmati hidangan salad yang sehat dan lezat tanpa perlu khawatir akan menambah berat badan. Selamat mencoba!***

Subscribe Youtube @Ukhtizencom

You Might Also Like

0 comments