Makan Gorengan Bikin Batuk? Ini Sebabnya



Aneka gorengan kerap jadi pilihan camilan favorit apalagi di musim hujan seperti sekarang. Tapi setelah makan gorengan, tenggorokan seringkali terasa lengket, gatal dan bikin kita batuk-batuk.  Apa sih sebabnya?

Batuk umumnya disebabkan oleh virus penyakit menular seperti flu atau beberapa kondisi medis lainnya seperti misalnya bronkitis atau asma. Tapi selain itu, batuk juga bisa terjadi karena adanya iritan asing seperti gorengan tadi.  

Sebenarnya bukan karena makanannya, melainkan akibat minyak jelantah yang dipakai untuk menggoreng. Kebanyakan penjual gorengan memang menggunakan minyak jelantah yang dipakai berulang-ulang supaya bisa lebih irit. Penggunaan minyak jelantah secara berulang itu akan menghasilkan senyawa akrolein yang bisa memicu radang tenggorokan dan menimbulkan rasa gatal. 

Kalau begitu, boleh dong makan gorengan tiap hari asalkan digoreng dengan minyak baru?

Biarpun tidak menyebabkan batuk, makan gorengan tetap harus dibatasi porsinya dan jangan tiap hari yaa... Gorengan mengandung kolesterol, lemak, dan kalori dalam jumlah besar. Jadi, kalau sering makan gorengan dalam jumlah banyak tiap hari, maka berat badan kita akan cenderung naik dan bisa meningkatkan risiko terkena obesitas, kolesterol tinggi, penyakit jantung, atau bahkan diabetes.*

***Baca juga***

You Might Also Like

0 comments