Virus Corona: Penyakit, Gejala dan Pencegahannya


Di awal tahun 2020 ini, dunia dihebohkan fenomena penyakit Pneumonia akibat virus Corona yang bermula di Negara Cina. Penyakit menular ini tidak merespon antibiotik dan belum ditemukan vaksin untuk mengobatinya.

Virus Corona merupakan virus yang biasanya ditemukan pada hewan dan bersifat zoonotik. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyebaran virus ini tak hanya antarhewan tapi juga bisa dari hewan ke manusia.

Virus ini masuk keluarga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Serangan virus corona di ArabSaudi pada tahun 2012 mengakibatkan munculnya aturan larangan berfoto dengan unta.

Pada kasus penularan antar manusia, umumnya terjadi saat ada kontak langsung dengan cairan dari penderita penyakit ini. Misalnya, terkena cipratan liur saat mereka bersin atau batuk. Penularan juga terjadi jika kita menyentuh mereka secara langsung.


Virus corona menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, sama halnya seperti flu biasa. Gejala virus corona antara lain batuk yang tak sembuh dengan pengpbatan normal, demam yang terjadi secara cepat atau tiba-tiba, dan sesak hingga sulit bernafas.

Menurut dr. Erlina Burhan,SpP(K) dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, jika mengalami gejala-gejala seperti tersebut di atas, dan baru saja pulang dari China atau sedang bepergian kesana, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

***Baca juga***



Virus corona bisa menyerang siapa saja, tapi risiko terjangkit virus ini lebih besar untuk orang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Jadi, hal terpenting dalam mencegah penyakit ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan sehat yang kaya vitamin dan mineral, istirahat yang cukup dan olahraga minimal 5 kali dalam seminggu. Untuk mengurangi resiko penularan, jaga kebersihan terutama tangan, gunakan masker pelindung saat bepergian dan hindari kontak langsung dengan orang sakit.*

***Baca juga***




You Might Also Like

0 comments