5 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan



Makanan yang kaya lemak jenuh dan lemak trans memang dapat meningkatkan kadar lemak dan berpotensi mengakibatkan  kolesterol tinggi. Tapi ternyata, makanan bukanlah satu-satunya penyebab kolesterol tinggi dalam tubuh. 

Berikut 5 penyebab kolesterol tinggi selain makanan:

1. Malas Gerak

Kurangnya aktivitas fisik alias mager bisa meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan HDL atau kolesterol baik. Jadi, pastikan untuk rutin berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu untuk menurunkan kadar kolesterol.

2. Keturunan

Kolesterol tinggi bisa diturunkan dari ayah, ibu, bahkan kakek dan nenek. Kondisi yang disebut familial hypercholesterolemia ini merupakan penyakit genetik yang membuat sel di tubuh kita tidak bisa cepat menghilangkan kolesterol LDL, atau bisa juga menyebabkan hati menghasilkan terlalu banyak LDL. 

3. Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa penyakit yang berpotensi menyebabkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Diantaranya adalah Diabetes, Gangguan liver dan masalah ginjal, Tekanan darah tinggi (hipertensi), 
Gangguan kelenjar tiroid.


4. Obat-obatan

Ada obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kenaikan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Diantaranya adalah progestin, steroid anabolik, dan kortikosteroid.

5. Merokok dan Asap Rokok

Kebiasan buruk sumber segala penyakit ini menyebabkan kadar kolesterol jahat menumpuk dalam aliran darah sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Bagi yang tidak merokok, disarankan untuk menghindari asap rokok agar terhindar dari penyebab kolesterol tinggi.*

You Might Also Like

0 comments