Nanas Bisa Gugurkan Kandungan, Benarkah?




Lagi-lagi beredar kabar yang menghebohkan di media sosial, kali ini tentang nanas yang dipercayai bisa menggugurkan kandungan. Benarkah makan nanas bisa bikin keguguran?

Dilansir dari Healthline, bahaya makan nanas selama kehamilan tidak terbukti secara ilmiah. Isu tentang nanas dapat menggugurkan kandungan hanyalah sekedar mitos belaka.

Menurut Dr Nupur Gupta, direktur kebidanan dan ginekologi dari Fortis Memorial Research Institute, nanas memang mengandung bromelain, yang dipercaya bisa membuat perut menjadi mulas.

"Tetapi bagian yang kita makan adalah daging luar nanas yang tidak mengandung banyak bromelin, dan tidak akan mempengaruhi kehamilan dengan cara apapun, " kata Dr Gupta.

Sangat disayangkan jika karena isu ini, banyak orang jadi menghindari makan nanas. Padahal, buah ini sangat sarat akan nutrisi yang diperlukan tubuh kita seperti berikut:

1. Kaya Vitamin C 

Dikutip dari situs kesehatan Health.com, makan 1 cup (kira-kira 130gr) buah nanas dapat mencukupi lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin C.

Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan mencegah penuaan dini.


2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah nanas kaya akan mineral mangan yang dapat mencegah timbulnya keriput dan melindungi kulit terhadap paparan sinar UV.

3. Menyehatkan Pencernaan

Buah nanas mengandung enzym Bromelain yang membantu tubuh kita mencerna protein dan mengurangi masalah gangguan pencernaan.*

   

You Might Also Like

0 comments