Rajin Cuci Tangan Tapi Masih Ketularan Virus, Kenapa?





Jaga jarak dan rajin cuci tangan sudah dilakukan, tapi kenapa masih bisa ketularan virus? Ternyata ini biang keroknya...

Lihat di sekeliling kita, benda apa yang paling sering dipegang tiap hari? Yups, ponsel !

***Baca Juga***


Menurut Charles Gerba - ahli mikrobiologi sekaligus profesor di Universitas Arizona - Amerika Serikat, sebagian besar virus flu bisa bertahan lama di permukaan benda yang keras seperti layar ponsel.

Virus tersebut bisa bertahan selama beberapa jam hingga 9 hari, tergantung pada suhu dan kelembaban relatifnya.

Penelitian di Universitas Hong Kong bahkan membuktikan bahwa virus korona bisa tetap hidup pada  permukaan kaca selama 2 hari, atau antara 4 – 7 hari pada permukaan stainless steel dan plastik.

***Baca Juga***


Karena terbuat dari bahan kaca, logam dan plastik, ponsel jadi berpotensi besar dalam menyebarkan berbagai bakteri dan virus. Oleh karena itu, ponsel harus selalu dibersihkan dengan desinfektan.

Professor Gerba merekomendasikan campuran alkohol (60 persen) dan air (40 persen) sebagai desinfektan untuk membersihkan ponsel.

Caranya, lembabkan kain mikrofiber dengan larutan tersebut dan gosokkan ke permukaan ponsel dengan lembut.

Untuk praktisnya, kita juga bisa gunakan tisu desinfektan atau tisu basah dengan kandungan 70 persen alkohol yang banyak dijual di swalayan. Jangan lupa bongkar dan bersihkan casing pelindungnya yaa..


***Baca Juga***

You Might Also Like

0 comments