Kapan Waktu Favorit Orang Indonesia Belanja Online?

 


Pelapak online tak perlu lagi menebak-nebak kapan waktu terbaik untuk mempromosikan barang dagangannya. Karena, hasil penelitian terbaru dari perusahaan layanan kredit digital Kredivo bersama Katadata Insight Center telah mengungkap kapan waktu dan hari favorit untuk belanja online seperti dilansir dari situs detik (4/8). 

Berdasarkan jumlah transaksi belanja online, hari Selasa dan Jumat merupakan hari favorit untuk belanja online. Sementara untuk waktu favorit, tercatat peak transaksi tertinggi belanja online orang Indonesia terjadi pada sekitar pukul 10.00 sampai pukul 13.00 siang, dengan pukul 12.00 adalah puncaknya. Selain itu, peak kedua cenderung terjadi saat malam, antara pukul 19.00 sampai 21.00 malam. 

Penelitian ini juga mengungkap bahwa event belanja online seperti Harbolnas, Double Eleven atau Super Shopping Day menajdi waktu tersibuk transaksi e-commerce. Di Harbolnas misalnya, terjadi kenaikan transaksi 5,7 kali lipat oleh kaum perempuan dan 4,7 kali lipat oleh kaum pria.

Sementara perayaan hari besar keagamaan juga mampu mendongkrak jumlah transaksi di toko online, walaupun tidak sebesar pada saat event-event belanja online tersebut.

Data penelitian ini langsung berasal dari Kredivo dengan sampel 10 juta transaksi di 6 e-commerce besar Indonesia.*

You Might Also Like

0 comments