Tanda-tanda Wajah Rusak Terkena Kosmetik Mengandung Merkuri

 


Kandungan merkuri pada kosmetik bersifat karsinogenik dan dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kanker kulit. Apa tanda-tanda wajah rusak karena terlanjur menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri?

Dilansir dari detik.com, Dokter spesialis dermatologi venereologi dr Amelia Setiawati Soebyanto, SpDV mengatakan salah satu tanda yang muncul pada kulit jika menggunakan kosmetik mengandung adalah kulit yang menjadi kemerahan, menjadi tipis, hingga mudah iritasi.

"Selain itu biasanya juga akan muncul rasa panas pada kulit seperti terbakar, terus jerawat kembali muncul, dan bisa juga muncul belang-belang di wajah," tambahnya.

Agar terhindar dari kosmetik yang mengandung merkuri, ia membeberkan beberapa ciri-ciri produk kosmetik yang mengandung merkuri. Salah satunya adalah penampakan warnanya yang mencolok, biasanya warnanya putih keabuan agak mengkilat.

"Selain itu, produk kosmetik yang mengandung merkuri juga punya bau kimia yang agak menyengat," lanjutnya. "Sama perhatikan juga kosmetik menggunakan merkuri juga tidak memiliki izin edar dari Badan POM," tambahnya.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), ditemukan 1.541 produk kosmetik ilegal yang kebanyakan mengandung merkuri sepanjang tahun 2022. Berikut daftarnya:

- Temulawak New and Day Night
- CAC Glow
- Natural 99
- HN Siang dan Malam
- SP Special UV Whitening
- Dr Original Pemutih
- Super Dr Quality Gold SPF 30
- Diamond Cream
- Herbal Plus New Day & Night
-Ling Zhi Day & Night
- Sj Sin Jung
- Tabita
- Krim Labella

You Might Also Like

0 comments