7 Cara Mudah Turunkan Tagihan Listrik



Kesal gara-gara tagihan listrik membengkak? Ukhti bisa coba 7 cara mudah menghemat listrik yang dijamin bakal bikin tagihan listrik bulanan turun drastis!

 1. Ganti Lampu

Ganti semua lampu di rumah dengan lampu LED. Harganya memang lebih mahal dibanding lampu biasa, tapi lampu LED lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, dan daya pakainya lebih lama.





2. Nyalakan Lampu Seperlunya

Jangan lupa untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan dan manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di siang hari.

3. Cabut Steker Kabel Jika Tidak Dipakai

Cabut steker kabel jika tidak dipakai agar listrik berhenti mengalir ke peralatan elektronik seperti televisi, hape, laptop dan lain sebagainya. Hindari juga pemasangan kabel steker yang menumpuk agar tak memicu konsleting listrik.

4. Maksimalkan Ventilasi Udara dan Perbanyak Tanaman

Ventilasi udara yang baik dan tanaman akan membuat suasana rumah terasa lebih sejuk. Kalau sudah begini, penggunaan AC dan kipas dapat dikurangi atau bahkan tidak dipakai sama sekali.


5. Rutin Membersihkan AC

Gunakan AC seperlunya dan jangan lupa untuk rutin membersihkannya. Karena, AC yang kotor atau rusak akan memakan daya listrik yang jauh lebih banyak.

6. Pakai Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya

Supaya lebih hemat listrik, cuci bajunya jangan nyicil yaa.. Tapi jangan terlalu berlebihan melewati kapasitas karena bisa bikin mesin cuci cepat rusak.

7. Jangan Terlalu Sering Buka Pintu Kulkas

Terlalu sering buka kulkas mengakibatkan mesin bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas, yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.*


You Might Also Like

0 comments