Jangan Salah, Begini Cara Pakai Hijab Agar Tak Bikin Rambut Rontok

Banyak wanita mengeluhkan rambutnya rontok setelah memakai hijab, padahal masih banyak faktor lainnya yang lebih mungkin menyebabkan kerontokan tersebut. Mulai dari perawatan rambut sampai cara pakai hijab yang salah ternyata bisa jadi pemicu rambut rontok pada hijabers lhoo..

Apa saja penyebab rambut rontok yang biasa dialami hijabers?

1. Malas Menyisir Rambut

Biarpun rambut tertutup hijab, kita harus rajin menyisir rambut tiap hari untuk mencegahnya jadi kusut dan membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala. Jika sirkulasi darah lancar, batang rambut akan ternutrisi dengan baik sehingga tak mudah rontok.


2. Pilih Shampo yang Tepat

Sesuaikan shampo dengan kondisi rambut dan kulit kepala kita. Sebaiknya pilih shampo antiketombe terutama jika kondisi kulit kepala cenderung berminyak dan gatal yang bisa memicu rambut rontok.
 

3.  Menyisir Saat Rambut Masih Basah

Rambut yang masih basah sangat mudah patah ketika disisir. Jadi, tunggu sampai rambut benar-benar kering dahulu sebelum menyisir. 


4.  Terlalu Sering Menggunakan Pengering Rambut

Penggunaan pengering rambut atau hair dryer yang terlalu sering bisa memicu kerontokan rambut. Karena suhu panas dari pengering rambut tersebut akan membuat rambut jadi kering dan rapuh sehingga mudah rontok.


5.  Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Biasanya supaya rambut tak keluar dari hijab dan tidak terasa gerah, beberapa wanita suka mengikat rambutnya terlalu kencang. Padahal ikatan yang terlalu kencang ini akan membuat rambut jadi tertekan dan susah bernapas. Akibatnya, rambut jadi makin rapuh dan lama kelamaan semakin banyak helai rambut yang rontok. 


6.  Inner Hijab Terbuat dari Bahan yang Tak Menyerap Keringat

Pemakaian inner atau dalaman hijab yang tak menyerap keringat akan membuat rambut menjadi lebih kusam dan rapuh. Sebaiknya pilih inner dari bahan tipis yang mudah menyerap keringat agar kondisi rambut jadi lebih sehat dan kelembapannya terjaga.


7. Kurang Gizi

Jalani pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan sehat setiap harinya. Untuk kesehatan rambut, perbanyak makanan yang kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam.*  


You Might Also Like

0 comments