Terbukti Ampuh, Begini Cara Turunkan Gula Darah Secara Alami

 


Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang seringkali memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh, berikut 5 cara ampuh yang terbukti ilmiah dapat menurunkan gula darah secara alami. 

1. Makan buah stroberi

Hasil penelitian di Inggris menyebutkan anthocyanin dalam buah stroberi (dan buah beri lainnya) terbukti mampu menjaga kadar gula darah. Selain itu, fisetin pada stroberi juga mengurangi komplikasi pada penderita diabetes dengan melindungi sel-sel saraf. Hasil penelitian lainnya bahkan mengungkap makan stroberi sebanyak 1–2 cups tiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Selain buah stroberi, buah-buahan yang dapat menurunkan gula darah antara lain apel, alpukat dan jeruk.

 2. Menu Makanan Mediterania

Menu makanan ini berasal dari negara-negara Mediterania seperti Yunani, Turki, Perancis dan Monako yang umumnya mengutamakan makanan seperti buah, sayur, polong-polongan, kacang, gandum utuh, ikan salmon dan minyak zaitun. Fitronutrien dan serat yang terkandung dalam makanan yang berasal dari tumbuhan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal sementara minyak zaitun bisa mengurangi inflamasi.

3. Sarapan 

Rutin sarapan tiap hari akan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes Tipe 2 karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah sepanjang hari.Tanpa sarapan, maka tidak ada gula yang bisa dimanfaatkan untuk kerja sel-sel tubuh. Akibatnya,  tubuh memproduksi gula sendiri dalam bentuk gula darah yang nantinya akan disimpan dan dilepaskan ke dalam aliran darah. 

 4. Hindari duduk terlalu lama

Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa orang-orang yang terlalu lama duduk seperti pekerja kantoran terbukti memiliki risiko terkena diabetes yang lebih tinggi. Karena, duduk terlalu lama bisa memperlambat proses insulin yang mengubah gula darah menjadi energi. Jadi, jangan lupa untuk bangkit dari tempat duduk tiap 20 menit dan lakukan peregangan ringan selama 2 menit.  

5. Rutin Olahraga

Menurut penelitian, tiap menit aktivitas olahraga yang Anda lakukan (skala sedang sampai moderat) bisa menurunkan gula darah sampai satu poin. Misalnya 30-45 menit berolahraga jogging atau bersepeda tiap hari akan menurunkan kadar gula darah rata-rata 30-45 poin. Rutin berolahraga juga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, baca artikelnya disini.

 

You Might Also Like

0 comments